Minggu, 02 April 2017

Resume ke 11 dan Refleksi : Konsep dan Prinsip Pembelajaran PAKEM

Nama : Indra Lusmana
NIM : 150341603154
Offr : B

" Konsep dan Prinsip Pembelajaran PAKEM " 
1. Pengertian PAKEM
PAKEM adalah model pembelajaran yang bertumpu pada 4 prinsip yaitu aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Berikut pemaparan dari 4 hal tersebut :
1. Aktif maksudnya bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa, sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan dan mengemukakan pendapat atau gagasan. Peran aktif siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi kreatif yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan orang lain.
2. Kreatif dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam, sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Kata kreatif dapat juga diartikan menumbuhkan motivasi, percaya diri dan kritis, sehingga pembelajaran menjadi tidak monoton dan penuh kreativitas.
3. Efektif dapat diartikan memanfaatkan waktu yang ada. Dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang telah dirancang.
4. Menyenangkan adalah suasana belajar mengajar yang menyenangkan.  Pembelajaran yang menyenangkan dapat dilihat dari penampilan guru yang menarik, suasana belajar yang aktif, kaya dengan metode belajar, desain kelas yang tidak membosankan, sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penuh pada waktu belajar dan waktu curah perhatian siswa terhadap pembelajaran menjadi tinggi.
Ciri PAKEM Menggunakan multi metode, multi media: a) Praktek dan bekerja dalam tim; b) Memanfaatkan lingkungan sekitar; c) Pembelajaran di dalam dan di luar kelas; d) Multi aspek (logika, praktika, etika). Secara garis besar PAKEM mempunyai tujuan tertentu, adapun Tujuan PAKEM terdapat dalam Indrawati (2005) menjelaskan bahwa tujuan PAKEM adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan menyiapkan siswa memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap untuk persiapan kehidupan masa depannya. Kegiatan PAKEM mengeksplorasi pengelolaan kelas belajar aktif, strategi dan teknik pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk berfikir.
2. Langkah-langkah Pelaksanaan PAKEM
Dalam melaksanakan model PAKEM dalam pembelajaran sebelumnya perlu diketahui tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM. Hal-hal tersebut telah diungkap oleh Sudrajat (2009) sebagai berikut:
a). Memahami sifat yang dimiliki anak
b). Mengenal anak secara perorangan.
c).Memanfaatkan perilaku anak dalam pengorganisasian belajar.
d). Mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif,danketerampilan
memecahkan masalah.
e). Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang
menarik.
f). Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
g).Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkankegiatan
belajar.
h). Membedakan antara aktif fisik dan aktif mental.
Berdasarkan uraian tentang PAKEM di atas, tampaknya PAKEM lebih pada“penerapan prinsip-prinsip pembelajaran yang baik”. Oleh karena itu, masih dibutuhkan sejumlah tambahan literatur yang mendukung, sehingga prinsip-prinsip PAKEM tersebut dapat dirumuskan menjadi repertoar pembelajaran yang lebih operasional misalnya dalam bentuk silabus dan RPP. Jika dicermati ulang, secara garis besar gambaran PAKEM adalah sebagai berikut: belajar melalui berbuat, penggunaan berbagai alat bantu pembelajaran, menyediakan “pojok baca”, penerapan kooperatif dan interaktif, serta mendorong siswa untuk menemukan pemecahan masalah dan pengungkapan gagasan.
3. Ciri-ciri/karakteristik PAKEM adalah:
a. Pembelajarannya mengaktifkan peserta didik
b. Mendorong kreativitas peserta didik &guru
c. Pembelajarannya efektif
d. Pembelajarannya menyenangkan utamanya bagi peserta didik.
4. Metode yang Digunakan dalam Model Pembelajaran PAKEM
Metode mengajar adalah cara yang dipergunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Dengan metode ini diharapkan tumbuh berbagai kegiatan belajar siswasehubungan dengan kegiatan mengajar guru. Ada beberapa metode mengajar yang digunakan dalam model pembelajaran PAKEM, diantaranya :
a. Metode Diskusi
b. Metode Tanya Jawab
c. Metode Karyawisata
d. Metode Tugas dan Resitasi
e. Metode Sosiodrama
f. Metode Kerja Kelompok
5. Kelebihan/keungulan model PAKEM
a. Pakem merupakan pembelajaran yang mengembangkan kecakapan hidup
b. Dalam pakem siswa belajar bekerja sama
c. Pakem mendorong siswa menghasilkan karya kreatif
d. Pakem mendorong siswa untuk terus maju mencapai sukses
e. Pakem menghargai potensi semua siswa
f. Program untuk meningkatkat pakem disekolah harus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya
5. Kekurangan/kelemahan model PAKEM
a. Perbedaan individual siswa belum diperhatikan termasuk laki-laki / perempuan, pintar/kurang pintar, social, ekonomi tinggi/rendah
b. Pembelajaran belum membelajarkan kecakapan hidup
c. Pengelompokan siswa masih dari segi pengaturan tempat duduk,kegiatan yang dilakukan siswa sering kali belum mencerminkan belajar kooperatif yang benar
d. Guru belum memperoleh kesempatan menyaksikan pembelajaran pakem yang baik
e. Pajangan sering menampilkan hasil kerja siswa yang cenderung seragam
f. Pembelajaran masih sering berupa pengisian lembar kerja siswa (LKS) yang sebagian besar pertanyaanya bersifat tertutup. 

REFLEKSI 


Pembelajaran PAKEM adalah model pembelajaran yang bertumpu pada 4 prinsip yaitu aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Aktif : guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa, sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan dan mengemukakan pendapat atau gagasan
Kreatif : guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam, sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. 
Efektif : pembelajaran yg efektif kreatif dan menyenangkan efektivitas pmbljaran
Menyenangkan : pembelajaran yang mnyenangkann
Guru sebagai fasilataor
Guru juga berperan dalam kondisi emosioanal siswa,misalnya memberi semnagat dan motivasi.
Alasan penerapan pakem : karena metode ini sangat efektif dan menyenangkan karean yg dulu bahwa pmblejran konvensional cenderung menjemukkan dan membosankan.
Ciri – ciri pembelajaran PAKEM  :
a. pembeljarannya mengaktifkan peserta didik
mendorong kreatif peserta didik dan guru
pembelajaran efektif
pembelajran yg menyenangkan utamnya bagi peserta didik.
Prinsip pembelajaran PAKEM  :
1. mengalami
2. Komunikasi
3. Interkasi
4. refleksi
Proses pembelajaran PAKEM  :
Penilainnya secara ontetik : yaitu pengumpilan infromasi murid dengan berbagai teknik. Penilainya dengan berbagai teknik dan secara jelas. Hal tsb bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Hal yg harus diperhatikan :
1. memahami sifat yg dimiliki oleh anak (rasa ingin tahu dan imajinasi)
2. mengenal secara perorangan (siswa berasal dari keluarga yang beragam, sehingga guru memahami siswanya)
3. memanfaatkan perilaku anak dalam perorganisasian belajar (anak memiliki sifat sosial)
4. mengembangkan kemampuan berpikir, kritis, kreatif, dan kemmpuan memecahkan masalah
5. mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik
6. memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
7. memberikan umpan yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar (berupa komentar dan catatan)
8. membedakan aktif fisik dan aktif mental (timbulnya rasa tidak takut, atau percaya diri)
Pelaksanaan PAKEM
Dilaksanakan dengan berbagai cara ;
1. guru menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang beragam
2. gambar
3. LCD
4. melakukan percobaan dan wawancara, pengamatan, menarik kesimpulan,
5. guru meberikan kesempatan siswa untuk berpendapat
6. diskusi lebih banyak pertanyaan terbuka

DISKUSI
1. bagaimana cara anak SD untuk wawancara ?
2. kelebihan dan kelemahan PAKEM ?
Jawaban :
1. mungkin caranya dengan meminta tolong orantua. Atau guru yang mendatangkan narasumbernya. Akan tetapi hal tersebut kurang efektif.
2. kelebihan : peserta didik berperan baik fisik dan emosional, memunculkan sifat aktif dan kreatif, siswa termotifasi krn adanya variasi dalam pembeljaran.
Kelemahan : dari segi sarana dan prasarana, semakin fasilitas itu mendukung maka mendukung pembelajaran
Membuat desain materi virus tentang konsep pakem


Tidak ada komentar:

Posting Komentar