NIM : 150341603154
Offr : B
" Konsep dan Prinsip Pembelajaran PAKEM "
1.
Pengertian PAKEM
PAKEM adalah model pembelajaran yang bertumpu pada 4
prinsip yaitu aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Berikut pemaparan dari
4 hal tersebut :
1.
Aktif maksudnya bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana
sedemikian rupa, sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan dan mengemukakan
pendapat atau gagasan. Peran aktif siswa sangat penting dalam rangka pembentukan
generasi kreatif yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan
orang lain.
2.
Kreatif dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam,
sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Kata kreatif dapat juga
diartikan menumbuhkan motivasi, percaya diri dan kritis, sehingga pembelajaran
menjadi tidak monoton dan penuh kreativitas.
3.
Efektif dapat diartikan memanfaatkan waktu yang ada. Dalam proses pembelajaran
harus sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang telah dirancang.
4.
Menyenangkan adalah suasana belajar mengajar yang menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan dapat dilihat
dari penampilan guru yang menarik, suasana belajar yang aktif, kaya dengan
metode belajar, desain kelas yang tidak membosankan, sehingga siswa memusatkan
perhatiannya secara penuh pada waktu belajar dan waktu curah perhatian siswa
terhadap pembelajaran menjadi tinggi.
Ciri PAKEM Menggunakan multi metode, multi media: a)
Praktek dan bekerja dalam tim; b) Memanfaatkan lingkungan sekitar; c)
Pembelajaran di dalam dan di luar kelas; d) Multi aspek (logika, praktika,
etika). Secara garis besar PAKEM mempunyai tujuan tertentu, adapun Tujuan
PAKEM terdapat dalam Indrawati (2005) menjelaskan bahwa tujuan PAKEM adalah
untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan menyiapkan siswa
memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap untuk persiapan kehidupan masa
depannya. Kegiatan PAKEM mengeksplorasi pengelolaan kelas belajar aktif,
strategi dan teknik pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan kemampuan siswa
untuk berfikir.
2.
Langkah-langkah Pelaksanaan PAKEM
Dalam melaksanakan model PAKEM dalam pembelajaran sebelumnya
perlu diketahui tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan
PAKEM. Hal-hal tersebut telah diungkap oleh Sudrajat (2009) sebagai berikut:
a).
Memahami sifat yang dimiliki anak
b).
Mengenal anak secara perorangan.
c).Memanfaatkan
perilaku anak dalam pengorganisasian belajar.
d).
Mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif,danketerampilan
memecahkan
masalah.
e).
Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang
menarik.
f).
Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
g).Memberikan
umpan balik yang baik untuk meningkatkankegiatan
belajar.
h).
Membedakan antara aktif fisik dan aktif mental.
Berdasarkan uraian tentang PAKEM di atas, tampaknya
PAKEM lebih pada“penerapan prinsip-prinsip pembelajaran yang baik”. Oleh karena
itu, masih dibutuhkan sejumlah tambahan literatur yang mendukung, sehingga
prinsip-prinsip PAKEM tersebut dapat dirumuskan menjadi repertoar pembelajaran
yang lebih operasional misalnya dalam bentuk silabus dan RPP. Jika dicermati
ulang, secara garis besar gambaran PAKEM adalah sebagai berikut: belajar
melalui berbuat, penggunaan berbagai alat bantu pembelajaran, menyediakan
“pojok baca”, penerapan kooperatif dan interaktif, serta mendorong siswa untuk menemukan
pemecahan masalah dan pengungkapan gagasan.
3.
Ciri-ciri/karakteristik PAKEM adalah:
a. Pembelajarannya mengaktifkan peserta
didik
b.
Mendorong kreativitas peserta didik &guru
c.
Pembelajarannya efektif
d.
Pembelajarannya menyenangkan utamanya bagi peserta didik.
4. Metode yang Digunakan dalam
Model Pembelajaran PAKEM
Metode
mengajar adalah cara yang dipergunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan
dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Dengan metode ini diharapkan
tumbuh berbagai kegiatan belajar siswasehubungan dengan kegiatan mengajar guru.
Ada beberapa metode mengajar yang digunakan dalam model pembelajaran PAKEM,
diantaranya :
a. Metode Diskusi
b. Metode
Tanya Jawab
c. Metode
Karyawisata
d. Metode
Tugas dan Resitasi
e. Metode
Sosiodrama
f. Metode
Kerja Kelompok
5.
Kelebihan/keungulan model PAKEM
a.
Pakem merupakan pembelajaran yang mengembangkan kecakapan hidup
b.
Dalam pakem siswa belajar bekerja sama
c.
Pakem mendorong siswa menghasilkan karya kreatif
d.
Pakem mendorong siswa untuk terus maju mencapai sukses
e.
Pakem menghargai potensi semua siswa
f.
Program untuk meningkatkat pakem disekolah harus ditingkatkan kuantitas dan
kualitasnya
5.
Kekurangan/kelemahan model PAKEM
a.
Perbedaan individual siswa belum diperhatikan termasuk laki-laki / perempuan,
pintar/kurang pintar, social, ekonomi tinggi/rendah
b.
Pembelajaran belum membelajarkan kecakapan hidup
c.
Pengelompokan siswa masih dari segi pengaturan tempat duduk,kegiatan yang
dilakukan siswa sering kali belum mencerminkan belajar kooperatif yang benar
d.
Guru belum memperoleh kesempatan menyaksikan pembelajaran pakem yang baik
e.
Pajangan sering menampilkan hasil kerja siswa yang cenderung seragam
f.
Pembelajaran masih sering berupa pengisian lembar kerja siswa (LKS) yang
sebagian besar pertanyaanya bersifat tertutup.
REFLEKSI
REFLEKSI
Pembelajaran PAKEM adalah model pembelajaran yang bertumpu pada 4
prinsip yaitu aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Aktif : guru harus menciptakan suasana
sedemikian rupa, sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan dan mengemukakan
pendapat atau gagasan
Kreatif : guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam,
sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa.
Efektif : pembelajaran yg efektif kreatif dan
menyenangkan efektivitas pmbljaran
Menyenangkan : pembelajaran yang mnyenangkann
Guru sebagai fasilataor
Guru juga berperan dalam kondisi emosioanal siswa,misalnya
memberi semnagat dan motivasi.
Alasan penerapan pakem : karena metode ini sangat
efektif dan menyenangkan karean yg dulu bahwa pmblejran konvensional cenderung
menjemukkan dan membosankan.
Ciri – ciri pembelajaran PAKEM :
a. pembeljarannya mengaktifkan peserta didik
mendorong kreatif peserta didik dan guru
pembelajaran efektif
pembelajran yg menyenangkan utamnya bagi peserta
didik.
Prinsip pembelajaran PAKEM :
1. mengalami
2. Komunikasi
3. Interkasi
4. refleksi
Proses pembelajaran PAKEM :
Penilainnya secara ontetik : yaitu pengumpilan
infromasi murid dengan berbagai teknik. Penilainya dengan berbagai teknik dan
secara jelas. Hal tsb bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Hal yg harus diperhatikan :
1. memahami sifat yg dimiliki oleh anak (rasa ingin
tahu dan imajinasi)
2. mengenal secara perorangan (siswa berasal dari
keluarga yang beragam, sehingga guru memahami siswanya)
3. memanfaatkan perilaku anak dalam perorganisasian
belajar (anak memiliki sifat sosial)
4. mengembangkan kemampuan berpikir, kritis, kreatif,
dan kemmpuan memecahkan masalah
5. mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan
belajar yang menarik
6. memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
7. memberikan umpan yang baik untuk meningkatkan
kegiatan belajar (berupa komentar dan catatan)
8. membedakan aktif fisik dan aktif mental (timbulnya
rasa tidak takut, atau percaya diri)
Pelaksanaan PAKEM
Dilaksanakan dengan berbagai cara ;
1. guru menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang
beragam
2. gambar
3. LCD
4. melakukan percobaan dan wawancara, pengamatan,
menarik kesimpulan,
5. guru meberikan kesempatan siswa untuk berpendapat
6. diskusi lebih banyak pertanyaan terbuka
DISKUSI
1. bagaimana cara anak SD untuk wawancara ?
2. kelebihan dan kelemahan PAKEM ?
Jawaban :
1. mungkin caranya dengan meminta tolong orantua. Atau
guru yang mendatangkan narasumbernya. Akan tetapi hal tersebut kurang efektif.
2. kelebihan : peserta didik berperan baik fisik dan
emosional, memunculkan sifat aktif dan kreatif, siswa termotifasi krn adanya
variasi dalam pembeljaran.
Kelemahan : dari segi sarana dan prasarana, semakin
fasilitas itu mendukung maka mendukung pembelajaran
Membuat desain materi virus tentang konsep pakem
Tidak ada komentar:
Posting Komentar